#Penulisan3 Koperasi Sekolah

Koperasi sekolah

Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah yang anggota-anggotanya terdiri atas siswa sekolah. Koperasi sekolah dapat didirikan pada berbagai tingkatan sesuai jenjang pendidikan, misalnya koperasi sekolah dasar, koperasi sekolah menengah pertama, dan seterusnya. Adapun koperasi sekolah juga dapat dimaknai sebagai koperasi yang berada pada lembaga pendidikan lain, selain pendidikan formal, seperti yayasan, lembaga masyarakat, pesantren, dll. Struktur Organisasi Koperasi Sekolah
  1. Anggota
  2. Pengurus
  3. Badan Pemeriksa
  4. Pembina dan Pengawas
  5. Badan Penasehat
Dasar-dasar pertimbangan pendirian koperasi sekolah :
  1. Menunjang program pembangunan pemerintah di sektor perkoperasian melalui program pendidikan sekolah.
  2. Menumbuhkan kesadaran berkoperasi di kalangan siswa.
  3. Membina rasa tanggung jawab, disiplin, setia kawan, dan jiwa koperasi.
  4. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berkoperasi, agar kelak berguna di masyarakat.
  5. Membantu kebutuhan siswa serta mengembangkan kesejahteraan siswa di dalam dan luar sekolah
Tujuan koperasi sekolah adalah memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangun tata perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Sedangkan pembentukan koperasi sekolah di kalangan siswa dilaksanakan dalam rangka menunjang pendidikan siswa dan latihan berkoperasi. Dengan demikian, tujuan pembentukannya tidak terlepas dari tujuan pendidikan dan program pemerintah dalam menanamkan kesadaran berkoperasi sejak dini.

Sesuai dengan penulisan diatas bahwa tujuan utama dari koperasi adalah untuk memajukkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tetapi pada koperasi sekolah, tujuan utamanya adalah melatih siswa/i untuk menanamkan pentingnya untuk berkoperasi sejak dini. Biasanya yang menjadi anggota koperasi adalah siswa/i yang ada di sekolah itu. Mereka saling bergantian menjaga koperasi. Para siswa/siswa juga dapat menjual makanan disana. Dengan menaruh makanan disana nanti akan dibeli oleh para siswa/i. Bukan hanya makanan yang di jual tetapi keperluan sekolah lainnya seperti alat tulis, seragam sekolah, keperluan seragam atau bahkan fotocopy. Koperasi sekolah juga mengajarkan kejujuran pada mahasiswa. Barang atau makanan apa saja yang mereka beli. Bahkan ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan koperasi tanpa penjaga. jadi mereka membayar dan mengambil kembalian sesuai dengan barang atau makanan yang mereka ambil di kotak. Dengan cara tersebut membuat para siswa/i menyadari bahwa betapa pentingnya arti kejujuran dalam kehidupan.


http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi_sekolah

Comments

Popular posts from this blog

Set Instruksi

COMPUTER ARITHMETIC

RESENSI NOVEL