#Penulisan2 UKS (Usaha Kesehatan Sekolah)



Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)


UKS adalah salah satu organisasi di sekolah yg bergerak dalam bidang kesehatan. Biasanya UKS terdapat dari jenjang sekolah dasar (SD)- sekolah menengah keatas (SMA). Untuk tingkat sekolah dasar (SD) biasanya di pilih Dokter Kecil perwakilan dari sekolah sebanyak 1-5 orang. Nantinya para siswa-siswi ini akan mengikuti pelatihan antar sekolah se-Kecamatan. Dokter kecil ini akan di berikan seragam dan tas layaknya seperti seorang dokter yang nantinya akan merawat para siswa/siswi. Pada ssaat pelatihan dokter kecil akan di ajarkan tentang hal-hal yang perlu di lakukan ketika merawat atau menolong temannya yang sedang sakit. Biasanya ketika upacara, setiap barisan kelas aka nada dokter kecil yang bersiaga mengawasi teman-temannya. Sedangkan untuk tingkat SMP-SMA biasanya UKS di jaga atau di isi dengan anggota Palang Merah Remaja (PMR). Pada dasarnya baik itu Dokter Kecil ataupun PMR memiliki peran penting bagi UKS. PMR merupakan organisasi yang melakukan kegiatan atau tugasnya di dalam UKS. Peran-peran yang di miliki UKS adalah :
1.      Menyiapkan dan merapihkan keperluan di UKS secara rutin seperti sprei, sarung bantal, taplak, obat-obatan dan keperluan lainnya.
2.      Menolong para siswa-siswi yang sedang sakit di sekolah.
3.      Merawatnya di ruang UKS dengan memberikan minum atau obat-obatan
4.      Membawa ke Rumah Sakit atau ke Dokter apabila siswa/siswi ini tidak sembuh tetapi harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari Guru.
Itulah beberapa peran penting pada UKS. Pada dasarnya UKS memiliki peran penting dalam bidang kesehatan bagi sebuah organisasi. Maju atau tidaknya UKS ini di sebuah sekolah tergantung pada pengurusnya. Tergantung pada sekolah itu memperhatikan pentingnya kesehatan bagi para siswa/siswinya.

Comments

Popular posts from this blog

Set Instruksi

COMPUTER ARITHMETIC

RESENSI NOVEL