Artikel Organisasi Perusahaan



Organisasi Perusahaan

1.      Pengertian dan arti penting organisasi dalam perusahaan!
Pengertian-pengertian organisasi
·         Menurut Prof. Komaruddin Sastradipoera dalam buku “Pengantar Menejemen Perusahaan
Organisasi adalah muncul sebagai sistem sosial yang memadukan kegiatan orang-orang agar bekerja sama untuk mencapai tujuan.
·         Menurut James D. Mooney dalam buku “The Principles Of Organization
Organisasi adalah setiap bentuk perserikatan manusia untuk mencapai suatu maksud bersama (tujuan bersama).
·         Menurut Sutarto dalam buku “Dasar-Dasar Organisasi
Terdapat pengertian beberapa ahli di dalam buku ini. Diantaranya adalah :
1.      Chester L Bernard (1938) mengatakan bahwa Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.
2.      Oliver Sheldon (1923) mengatakan bahwa Organisasi adalah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompok-kelompok harus melakukan dengan bakat-bakat yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas, sedemikan rupa, memberikan saluran terbaik untuk pemakaian yang efisien, sistematis, positif, dan terkoordinasi dari usaha yang tersedia.
Menurut Prof. Komaruddin Sastradipoera dalam buku “Pengantar Menejemen Perusahaan” bahwa organisasi yang di lakukan dalam bentuk usaha atau perusahaan adalah  merupakan proses yang menjadi tempat menejemen mencapai tujuannya dengan memadukan segenap upaya manusia di bawah pengawasan tertentu. Ini berarti organisasi perusahaan adalah proses atau hubungan antara manusia dan karyawan untuk melakukan pekerjaan dengan satu tujuan dan visi di dalam sebuah perusahaan. Atau bisa juga di katakan sebagai tempat orang-orang untu melakukan kegiatannya untuk menyimpan, menerima segala informasi dan aktivitas perusahaan.
Organisasi dalam perusahaan sangatlah penting. Dalam kutipan buku Prof. Komaruddin “Bahwa tanpa adanya organisasi peradaban di dunia ini tidak akan menjelma” ini berarti bahwa organisasi tidak hanya penting bagi perusahaan tetapi penting juga dalam kehidupan. Di dalam perusahaan organisasi memiliki arti penting karena, apabila perusahaan terus menerus tumbuh berarti dibutuhkannya pengelompokkan divisi ini berarti di perlukannya struktur organisasi dalam perusahaan tersebut. Sehingga struktur organisasi menjadi tulang punggung setiap keberhasilan perusahaan. Tetapi bukan berarti struktur organisasi menjadi hal yang paling utama di perusahaan. Tanpa adanya prakarsa atau tindakan yang di lakukan baik dari pihak karyawan atau perusahaan, tidak akan terjadi pertumbuhan yang baik untuk sebuah perusahaan.


2.      Bentuk organisasi perusahaan



1           1)      ORGANISASI BENTUK GARIS

          Pada bentuk garis  wewenang dan perintah bergerak langsung dari manajer melalui mandor-mandor menuju pekerja. Pada bentuk ini akan terdapat istilah-istilah “atasan langsung” dan “atasan tidak langsung”. Setiap bawahan hanya menerima perintah, wewenang dan bertanggung jawab terhadap atasan langsung. Tetapi bentuk ini kurang efektif  karena, menejer akan berhadapan dengan segala persoalan, maka waktu  mereka akan di habiskan untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak dapat di tunda.

2           2)      ORGANISASI BENTUK GARIS DAN STAF

           Pada bentuk ini terdapat staf  penasihat yang berfungsi membantu menejer melakukan pekerjaannya. Biasanya staf penasihat membantu dan memberikan nasihat di luar dari kemampuan menejemen sehingga di perlukan staf ahli atau pakar dalam bidang ekonomi, teknik, hukum, psikologi dan jenis pakar lainnya. Seorang petugas berhubungan secara langsung dengan kegiatan manajemen untuk mencapai sasarn pokok maka termasuk dalam organisasi bentuk garis. Sedangkan apabila petugas berhubungan tidak langsung dengan kegiatan menejemen untuk mencapai sasaran pokok tersebut maka petugas itu disebut organisasi bentuk staf.
 

     

*ORGANISASI GARIS




*ORGANISASI GARIS DAN STAFF












Daftar Pustaka


Prof. Komaruddin Sastradipoera. Pengantar Menejemen Perusahaan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. 1994.

Miftah Thoha. Perilaku Organisasi. Jakarta : RajaGrafindo Persada. 1993.

Sukanto Reksohadiprodjo, M.Com, Ph.D. Dasar-dasar Manajement. Yogyakarta: BPFE. 1984.
 



Comments

Popular posts from this blog

Set Instruksi

COMPUTER ARITHMETIC

RESENSI NOVEL