Tugas Softskill Periode 2

                                   Tugas Softskill Periode 2
Telematika dalam perkembangan informasi teknologi berkembang diantaranya menjadi sebuah komunitas sosial media. Jaringan sosial media menghasilkan banyak percabangan informasi dari pertemanan, jual beli serta beragam kegiatan manusia yang bersinggungan dan mempengaruhi pola hidup penggunanya.
Adanya kolaborasi alat, teknologi manusia dan aktifitas menjadi alasan kemudahan dan kebutuhan...

- Sebutkan dan analisis 5 contoh sosial media, fitur unggulan, dan aktifitas terbanyak yg dpt dilakukan dgn sosial media tersebut.
- Jelaskan masing2 komunitas apa saja yg terbentuk melalui sosial media tersebut beserta aktifitas yg dilakukan melalui sosmed tersebut.

- Jelaskan dampak positif dan negatif yang terjadi.

- Kumpulkan berbagai ilustrasi yang populer dipublikasikan.


1.       Twitter
Twitter merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim atau membaca pesan berbasis teks. Fitur unggulan di twitter adalah seseorang yang menuliskan status atau mengirimkan pesan disebut dengan meng-tweet. Didalam twitter juga kita dapat mengirimkan pesan kepada pengguna lain secara privacy atau tidak diketahui publik dengan fitur direct message ata DM. Tetapi twitter memiliki keterbatasan saat mengirim pesan karena hanya mampu mengetikkan 140 karakter saja per tweet atau per direct message. Selain mengetikkan pesan berbasis teks kita juga bisa mengirim gambar atau video.
Di twitter terdapat fitur follow yaitu jika kita ingin mengikuti pengguna. Untuk mengetahui jumlah pengikut yang kita follow diberikan nama following di akun kita dan untuk yang mengikuti akun kita di beri nama followers. Kita bisa mengirimkan pesan atau tweet kepada teman kita atau pengguna lain yang sudah kita follow maupun tidak kita follow dengan mengetikkan “@” kemudian kita pilih pengguna yang ingin kita kirimkan. Terdapat juga simbol hastag “#” yaitu untuk menandai topik tweet yang sedang di bahas atau dikirimkan. Twitter di dirikan pada tahun 2006 dan di indonesia berkembang dengan sangat pesat penggunanya. Hingga tahun Maret 2016 sekitar 77% pengguna twitter di indonesia aktif setiap harinya mengirim tweet di akun mereka.
Kemudian banyak komunitas yang terbentuk dari twitter salah satunya adalah komunitas nebengers yang terdapat pada akun @nebengers. Komunitas ini terbentuk pada desember 2012 yang memiliki tujuan,membantu masyarakat atau pengguna twitter dalam menemukan tumpangan dalam berkendara. Fitur yang digunakan adalah pemanfaatan dalam penggunaan simbol hastag yaitu #CariTebengan. Misalnya ketika kita ingin pergi ke daerah kuningan jakarta selatan dari depok kita kemudian meng-tweet untuk mencari tebengan dengan menambahkan hastag tersebut.
Dan apabila ada yang searah entah pengguna itu menawarkan kendaraan atau kita sendiri yang menawarkan kendaraan. Ketika kita menebeng dengan pengguna lain tidak di pungut biaya tetapi biasa nya terdapat syarat pada saat pengguna yang menawarkan tumpangan. Biasanya seperti diminta untuk membelikan minum atau makanan cemilan saja. Kecuali perjalanan jarak jauh yang membutuhkan biaya tol atau lainnya. Tetapi sekarang nebengers sudah memiliki aplikasi berbasis android dan ios. Sehingga lebih mempermudah.



Ini adalah tampilan dahulu sebelum @nebengers membuat aplikasi sendiri. Dimana pemilik akun nebengers me-retweet (memforward tweet) setiap para followers yang mencari tebengan dalam berkendara.
2.       Facebook
Facebook merupakan jejaring sosial atau media sosial yang di buat pada tahun 2004. Facebook merupakan media sosial yang dapat melakukan aktifitas tidak hanya terbatas dengan teks saja. Fitur-fitur atau hal-hal yang bisa di lakukan pada facebook adalah menambahkan teman, mengatur profil sesuai dengan yang kita inginkan, mengupload foto atau pun video, chatting, notes bahkan hingga bermain game. Kelebihan facebook adalah kita dapat mengatur teman kita, yaitu apakah dia teman dekat kita ataukah dia saudara kita atau lainnya. Kemudian facebook juga dapat membuat grup.
Dengan adanya fitur grup ini, terdapat beberapa komunitas yang memanfaatkan facebook sebagai media penghubung dan komunikasi antara anggota komunitas tersebut. Salah satu komunitas yang terbentuk adalah KOMUNITAS FOTOGRAFI INDONESIA (KFI), komunitas ini terbentuk pada tahun 2011. Komunitas ini berisi para pelaku seni seperti fotografer, model, makeup artist, editor dan lain-lainnya yang termasuk dalam pelaku seni. Banyak hal yang di lakukan pada komunitas ini seperti bertukar pendapat tentang tentang permasalahan permsalahan kamera atau fotografi,  event-event yang di adakan dalam dunia perfotografian dan bahkan komunitas ini sempat mengadakan lomba foto.
                     

                 



3.       Instagram
Instagram merupakan media sosial yang berfokus atau di khususkan kepada berbagi foto. Dimana pengguna mengambil foto dan mengupload nya kedalam akun instagram mereka. Banyak fitur yang terdapat pada instagram diantaranya adalah upload foto, melakukan pengaturan foto dengan filter yang telah tersedia, follow atau followers ketika kita ingin mengikuti pengguna lain, hastag (#) untuk lebih memfokuskan tentang tema yang terdapat pada foto kita, geotagging yaitu ketika kita ingin memberikan informasi lokasi foto yang kita ambil, judul foto atau biasa di sebut dengan caption yaitu ketika kita ingin memberikan keterangan tentang nama foto yang kita ambil, direct message yaitu ketika kita ingin mengshare post-an foto pengguna lain, comment yaitu ketika kita ingin mengkomen setiap post foto yang di unggah oleh pengguna. Dan tahun ini instagram mengeluarkan fitur baru yaitu snapgram dimana memiliki fungsi untuk memperlihatkan apa yang sedang kita lakukan setiap waktunya.
Instagram juga memiliki komunitas yang terbentuk, di indonesia salah satunya adalah @INSTAMEETINDONESIA. Komunitas ini berisi para pengguna atau pecinta fotografi di jejaring sosial instagram di seluruh indonesia. Biasanya mereka melakukan pengexplorean di suatu tempat disetiap daerah mereka. Komunitas ini juga sering melakukan pertemuan antar igers atau pengguna instagram di setiap daerah. Biasanya mereka menggunakan hastag #instameet kemudian di tambahkan nama daerah mereka di belakangnya.
                           

                                       



4.       Youtube
Youtube di buat pada tahun 2005 yang memungkinkan pengguna dapat mengupload, mengunggah dan menonton dan berbagi video. Banyak fitur yang terdapat pada youtube yaitu untuk pengguna yang ingin mengikuti akun youtube dapat melakukan subscribe pada akun tersebut, terdapat kolom komentar untuk mengkomentari setiap video yang telah di unggah, kita juga bisa mengatur kualitas video yang ingin kita lihat dimulai dari 144p hingga 1080p atau HD quality.
Kemudian banyak jenis video yang dapat di upload ke dalam media sosial ini dimulai dari pendidikan, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain-lainnya. Atau saat ini yang sedang booming adalah vlog yaitu video yang berisi blog. Vlog ini bertujuan pemberian informasi melalui media video. Salah satu nya yang sedang berkembang di youtube adalah beauty vlogger. Kemudian terbentuk komunitas beauty vlogger indonesia yang berisi beauty vlogger di indonesia. Biasanya mereka menjelaskan cara menggunakan makeup dalam beberapa acara yang berbeda, mereview produk-produk kecantikan yang mereka gunakan dan beberapa hal lainnya yang mengarah pada kecantikan.
                         

5.       Kaskus
Kaskus terbentuk pada tahun 1999 yang merupakan media sosial berbasis forum. Pengguna kaskus disebut kaskuers. Kaskus memiliki beberapa fitur diantaranya KasPay yaitu penyediaan pembayaran online terhadap situs-situs lain selain kaskus, e-pulsa yaitu pengisian pulsa yang dilakukan melalui prmbayaran menggunakan KasPay, Kaskus Ads yaitu apabla kita ingin menampilkan iklan kita, Kaskus Mobile yaitu dimana kaskus tidak hanya dapat dilihat melalui perangkat komputer tetapi bisa juga di lakukan melalui handphone.
Komunitas yang terbentuk pada forum kaskus diantaranya adalah Komunitas Pencinta Sastra dan Bahasa Indonesia (CCPB Enthusiast). Komunitas ini berisi para pecinta sastra dan bahasa indonesia. Aktifitas yang dilakukan pada komunitas ini adalah berdiskusi dan saling berbagi mengenai segala macam sesuatu yang berkaitan dengan sastra dan bahasa Indonesia.

                                    

Kelebihan dan Kekurangan
a.       Kelebihan
Media sosial banyak memiliki kelebihan yaitu :
1.       Mempermudah manusia dalam mendapatkan informasi dan melakukan komunikasi tanpa terbentang jarak dan waktu. Seperti contohnya pada komunitas-komunitas diatas. Pada komunitas nebengers mempermudah pengguna mendapatkan tebengan kendaraan.
2.       Menambahkan teman baru dari berbagai kota atau bahkan negara lain. Seperti pada komunitas instameetindonesia, pecinta sastra dan bahasa indonesia.
3.       Menghilangkan stress. Dengan menggunakan fitur-fitur yang terdapat pada media sosial diatas dapat menghilangkan stress kita sejenak.
4.       Menghasilkan uang atau penghasilan. Abapila kita memanfaatkan media sosial diatas sebagai media berdagang kita akan mendapatkan penghasilan tambahan.
b.      Kekurangan
Media sosial juga memiliki beberapa kekurangan yaitu :
1.       Riskan terjadinya penipuan. Karena media sosial kita tidak mengetahui sifat asli atau keseharian orang tersebut secara langsung. Sehinggan kemungkinan terjadinya penipuan sangat besar. Pada nebengers bisa saja terjadi penculikan atau hal-hal kriminal lainnya.

                             

2.       Terdapat konten-konten negatif yang tidak sesuai dengan umur atau dengan peraturan.

                         
3.       Kecanduan terhadap penggunaan media sosial, sehingga membuat masayarakat menjadi malas dalam melakukan aktifitas sosial yang nyata.
                        


Refrensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/YouTube
https://id.wikipedia.org/wiki/Kaskus
https://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
https://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram
https://kilibworm.wordpress.com/2014/05/04/indonesian-vloggers-part-2-komunitas-youtube-indonesia-sacha-stevenson-benazio-putra-ashilla-lalightsofficial-yuk-nonton-video-indonesia/


Comments

Popular posts from this blog

Set Instruksi

COMPUTER ARITHMETIC

RESENSI NOVEL