Tugas Softskill Periode 2
Tugas
Softskill Periode 2
Telematika
dalam perkembangan informasi teknologi berkembang diantaranya menjadi sebuah
komunitas sosial media. Jaringan sosial media menghasilkan banyak percabangan
informasi dari pertemanan, jual beli serta beragam kegiatan manusia yang
bersinggungan dan mempengaruhi pola hidup penggunanya.
-
Sebutkan dan analisis 5 contoh sosial media, fitur unggulan, dan aktifitas terbanyak
yg dpt dilakukan dgn sosial media tersebut.
-
Jelaskan masing2 komunitas apa saja yg terbentuk melalui sosial media tersebut
beserta aktifitas yg dilakukan melalui sosmed tersebut.
-
Jelaskan dampak positif dan negatif yang terjadi.
-
Kumpulkan berbagai ilustrasi yang populer dipublikasikan.
1. Twitter
Twitter
merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim atau membaca
pesan berbasis teks. Fitur unggulan di twitter adalah seseorang yang menuliskan
status atau mengirimkan pesan disebut dengan meng-tweet. Didalam twitter juga
kita dapat mengirimkan pesan kepada pengguna lain secara privacy atau tidak
diketahui publik dengan fitur direct message ata DM. Tetapi twitter memiliki
keterbatasan saat mengirim pesan karena hanya mampu mengetikkan 140 karakter
saja per tweet atau per direct message. Selain mengetikkan pesan berbasis teks
kita juga bisa mengirim gambar atau video.
Di
twitter terdapat fitur follow yaitu jika kita ingin mengikuti pengguna. Untuk
mengetahui jumlah pengikut yang kita follow diberikan nama following di akun
kita dan untuk yang mengikuti akun kita di beri nama followers. Kita bisa
mengirimkan pesan atau tweet kepada teman kita atau pengguna lain yang sudah
kita follow maupun tidak kita follow dengan mengetikkan “@” kemudian kita pilih
pengguna yang ingin kita kirimkan. Terdapat juga simbol hastag “#” yaitu untuk
menandai topik tweet yang sedang di bahas atau dikirimkan. Twitter di dirikan
pada tahun 2006 dan di indonesia berkembang dengan sangat pesat penggunanya. Hingga
tahun Maret 2016 sekitar 77% pengguna twitter di indonesia aktif setiap harinya
mengirim tweet di akun mereka.
Kemudian
banyak komunitas yang terbentuk dari twitter salah satunya adalah komunitas
nebengers yang terdapat pada akun @nebengers. Komunitas ini terbentuk
pada desember 2012 yang memiliki tujuan,membantu masyarakat atau pengguna
twitter dalam menemukan tumpangan dalam berkendara. Fitur yang digunakan adalah
pemanfaatan dalam penggunaan simbol hastag yaitu #CariTebengan. Misalnya ketika
kita ingin pergi ke daerah kuningan jakarta selatan dari depok kita kemudian
meng-tweet untuk mencari tebengan dengan menambahkan hastag tersebut.
Dan
apabila ada yang searah entah pengguna itu menawarkan kendaraan atau kita
sendiri yang menawarkan kendaraan. Ketika kita menebeng dengan pengguna lain
tidak di pungut biaya tetapi biasa nya terdapat syarat pada saat pengguna yang
menawarkan tumpangan. Biasanya seperti diminta untuk membelikan minum atau
makanan cemilan saja. Kecuali perjalanan jarak jauh yang membutuhkan biaya tol
atau lainnya. Tetapi sekarang nebengers sudah memiliki aplikasi berbasis
android dan ios. Sehingga lebih mempermudah.
Ini
adalah tampilan dahulu sebelum @nebengers membuat aplikasi sendiri. Dimana
pemilik akun nebengers me-retweet (memforward tweet) setiap para followers yang
mencari tebengan dalam berkendara.
2. Facebook
Facebook
merupakan jejaring sosial atau media sosial yang di buat pada tahun 2004. Facebook
merupakan media sosial yang dapat melakukan aktifitas tidak hanya terbatas dengan
teks saja. Fitur-fitur atau hal-hal yang bisa di lakukan pada facebook adalah
menambahkan teman, mengatur profil sesuai dengan yang kita inginkan, mengupload
foto atau pun video, chatting, notes bahkan hingga bermain game. Kelebihan facebook
adalah kita dapat mengatur teman kita, yaitu apakah dia teman dekat kita
ataukah dia saudara kita atau lainnya. Kemudian facebook juga dapat membuat
grup.
Dengan
adanya fitur grup ini, terdapat beberapa komunitas yang memanfaatkan facebook
sebagai media penghubung dan komunikasi antara anggota komunitas tersebut. Salah
satu komunitas yang terbentuk adalah KOMUNITAS FOTOGRAFI
INDONESIA (KFI), komunitas ini terbentuk pada tahun 2011. Komunitas ini
berisi para pelaku seni seperti fotografer, model, makeup artist, editor dan
lain-lainnya yang termasuk dalam pelaku seni. Banyak hal yang di lakukan pada
komunitas ini seperti bertukar pendapat tentang tentang permasalahan permsalahan
kamera atau fotografi, event-event yang
di adakan dalam dunia perfotografian dan bahkan komunitas ini sempat mengadakan
lomba foto.
3.
Instagram
Instagram
merupakan media sosial yang berfokus atau di khususkan kepada berbagi foto. Dimana
pengguna mengambil foto dan mengupload nya kedalam akun instagram mereka. Banyak
fitur yang terdapat pada instagram diantaranya adalah upload foto, melakukan
pengaturan foto dengan filter yang telah tersedia, follow atau followers ketika
kita ingin mengikuti pengguna lain, hastag (#) untuk lebih memfokuskan tentang
tema yang terdapat pada foto kita, geotagging yaitu ketika kita ingin
memberikan informasi lokasi foto yang kita ambil, judul foto atau biasa di
sebut dengan caption yaitu ketika kita ingin memberikan keterangan tentang nama
foto yang kita ambil, direct message yaitu ketika kita ingin mengshare post-an
foto pengguna lain, comment yaitu ketika kita ingin mengkomen setiap post foto
yang di unggah oleh pengguna. Dan tahun ini instagram mengeluarkan fitur baru
yaitu snapgram dimana memiliki fungsi untuk memperlihatkan apa yang sedang kita
lakukan setiap waktunya.
Instagram
juga memiliki komunitas yang terbentuk, di indonesia salah satunya adalah @INSTAMEETINDONESIA. Komunitas
ini berisi para pengguna atau pecinta fotografi di jejaring sosial instagram di
seluruh indonesia. Biasanya mereka melakukan pengexplorean di suatu tempat
disetiap daerah mereka. Komunitas ini juga sering melakukan pertemuan antar
igers atau pengguna instagram di setiap daerah. Biasanya mereka menggunakan
hastag #instameet kemudian di tambahkan nama daerah mereka di belakangnya.
4.
Youtube
Youtube
di buat pada tahun 2005 yang memungkinkan pengguna dapat mengupload, mengunggah
dan menonton dan berbagi video. Banyak fitur yang terdapat pada youtube yaitu untuk
pengguna yang ingin mengikuti akun youtube dapat melakukan subscribe pada akun
tersebut, terdapat kolom komentar untuk mengkomentari setiap video yang telah
di unggah, kita juga bisa mengatur kualitas video yang ingin kita lihat dimulai
dari 144p hingga 1080p atau HD quality.
Kemudian
banyak jenis video yang dapat di upload ke dalam media sosial ini dimulai dari
pendidikan, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain-lainnya. Atau saat ini
yang sedang booming adalah vlog yaitu video yang berisi blog. Vlog ini
bertujuan pemberian informasi melalui media video. Salah satu nya yang sedang
berkembang di youtube adalah beauty vlogger. Kemudian terbentuk komunitas
beauty vlogger indonesia yang berisi beauty vlogger di indonesia. Biasanya
mereka menjelaskan cara menggunakan makeup dalam beberapa acara yang berbeda,
mereview produk-produk kecantikan yang mereka gunakan dan beberapa hal lainnya
yang mengarah pada kecantikan.
5.
Kaskus
Kaskus
terbentuk pada tahun 1999 yang merupakan media sosial berbasis forum. Pengguna kaskus
disebut kaskuers. Kaskus memiliki beberapa fitur diantaranya KasPay yaitu
penyediaan pembayaran online terhadap situs-situs lain selain kaskus, e-pulsa
yaitu pengisian pulsa yang dilakukan melalui prmbayaran menggunakan KasPay,
Kaskus Ads yaitu apabla kita ingin menampilkan iklan kita, Kaskus Mobile yaitu
dimana kaskus tidak hanya dapat dilihat melalui perangkat komputer tetapi bisa
juga di lakukan melalui handphone.
Komunitas
yang terbentuk pada forum kaskus diantaranya adalah Komunitas
Pencinta Sastra dan Bahasa Indonesia (CCPB Enthusiast).
Komunitas ini berisi para pecinta sastra dan bahasa indonesia. Aktifitas yang
dilakukan pada komunitas ini adalah berdiskusi dan saling berbagi
mengenai segala macam sesuatu yang berkaitan dengan sastra dan bahasa Indonesia.
Kelebihan dan Kekurangan
a. Kelebihan
Media sosial banyak memiliki
kelebihan yaitu :
1.
Mempermudah manusia dalam mendapatkan informasi
dan melakukan komunikasi tanpa terbentang jarak dan waktu. Seperti contohnya
pada komunitas-komunitas diatas. Pada komunitas nebengers mempermudah pengguna
mendapatkan tebengan kendaraan.
2.
Menambahkan teman baru dari berbagai kota atau
bahkan negara lain. Seperti pada komunitas instameetindonesia, pecinta sastra
dan bahasa indonesia.
3.
Menghilangkan stress. Dengan menggunakan
fitur-fitur yang terdapat pada media sosial diatas dapat menghilangkan stress
kita sejenak.
4.
Menghasilkan uang atau penghasilan. Abapila kita
memanfaatkan media sosial diatas sebagai media berdagang kita akan mendapatkan
penghasilan tambahan.
b. Kekurangan
Media sosial juga memiliki beberapa kekurangan yaitu :
1.
Riskan terjadinya penipuan. Karena media sosial
kita tidak mengetahui sifat asli atau keseharian orang tersebut secara
langsung. Sehinggan kemungkinan terjadinya penipuan sangat besar. Pada nebengers
bisa saja terjadi penculikan atau hal-hal kriminal lainnya.
3.
Kecanduan terhadap penggunaan media sosial,
sehingga membuat masayarakat menjadi malas dalam melakukan aktifitas sosial
yang nyata.
Refrensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/YouTube
https://id.wikipedia.org/wiki/Kaskus
https://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
https://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram
https://kilibworm.wordpress.com/2014/05/04/indonesian-vloggers-part-2-komunitas-youtube-indonesia-sacha-stevenson-benazio-putra-ashilla-lalightsofficial-yuk-nonton-video-indonesia/
Refrensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/YouTube
https://id.wikipedia.org/wiki/Kaskus
https://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
https://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram
https://kilibworm.wordpress.com/2014/05/04/indonesian-vloggers-part-2-komunitas-youtube-indonesia-sacha-stevenson-benazio-putra-ashilla-lalightsofficial-yuk-nonton-video-indonesia/
Comments
Post a Comment