RESENSI ARTIKEL



Judul              : Indonesia Bakal Punya "Shore Connection" Pertama di Dunia!
Penulis           : Anne Anggraeni Fathana
Penerbit         : Kompas Sains
Tanggal          : 21 Maret 2016
Website          :   http // sains.kompas.com/ read/ 2016/ 03/ 21/ 21034211/ Indonesia.Bakal.Punya.Shore.Connection.Pertama.di.Dunia.
Tema              : Teknologi

Ringkasan     :
Indonesia akan turut memulai babak baru penghematan energi global. Pelabuhan Kalibaru, disebut juga sebagai Terminal New Priok, di Jakarta Utara, bakal menjadi salah satu pelabuhan pertama di dunia yang menggunakan teknologi shore power connection.

Teknologi ini merupakan solusi penghematan energi dan pengurangan emisi gas rumah kaca di sektor maritim. Dengan penerapan shore power connection, kapal-kapal yang sandar di pelabuhan bisa langsung mematikan mesin sekalipun masih butuh penerangan di dalam lambung kapal.
Teknologi ini dibuat untuk menghijaukan pelabuhan dengan mengurangi pembuangan sampah dilaut serta mengurangi limbah minyak. Dari semua upaya tersebut, “hijau” saja bukanlah tujuan tunggal. Pada akhirnya, sistem yang efektif akan membuat waktu sandar kapal di pelabuhan pun lebih singkat. Artinya, akan ada peluang bagi lebih banyak kapal berlabuh, menaik-turunkan penumpang maupun melakukan bongkar muat di satu pelabuhan. 

Kelebihan      :
Artikel ini sangat jelas dalam penjelasan tentang teknologi shore connection yang akan dibuat di pelabuhan. Mulai dari cara pemakaian teknologi tersebut hingga manfat-manfaat apa saja yang didapatkan dari penggunaan teknologi tersebut. Apalagi teknologi ini di perkirakan akan menjadi yang pertama di dunia di negara Indonesia.

Kekurangan    :
Selain memiliki kelebihan artikel ini juga memiliki kekurangan yaitu penggunaan bahasa. Masih ada beberapa kata yang tidak baku. Kemudian ada beberapa kata atau kalimat yang terlalu baku sehingga kurang di mengerti untuk para pembaca. 

Saran dan kesimpulan :
Menurut saya artikel ini sudah bagus tetapi lebih baik penulis menyisipkan gambar dari teknologi shore connection itu sendiri. Sehingga para pembaca tidak kebingungan seperti apa wujud teknologi tersebut. Dan menggunakan kata yang baku atau diketahui banyak orang sehingga para pembaca tidak salah mengartikan kata atau kalimat tersebut.

 Sumber         : http://sains.kompas.com/read/2016/03/21/21034211/Indonesia.Bakal.Punya.Shore.Connection.Pertama.di.Dunia.

Comments

Popular posts from this blog

Set Instruksi

COMPUTER ARITHMETIC

RESENSI NOVEL