Teknologi User Interface

Pada gambar di atas merupakan salah satu teknologi dari user interface yang bernama Tangible User Interface atau di singkat dengan TUI. Saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu pengertian dari user interface. User interface dalam bahasa indonesia memiliki arti antarmuka pengguna yang di maksud adalah hubungan antara user atau manusia sebagai pengguna dengan teknologi yang di gunakan. Dengan adanya hubungan tersebut sehingga sistem operasi dan komputer bisa berjalan. Hubungan ini terjadi ketika adanya input dan ouput antara komputer dan manusia. Dimana output manusia = input komputer dan input manusia = output komputer.
Contoh dari output manusia = input komputer dan input manusia = output komputer adalah ketika kita menggunakan suara kita pada google voice untuk mencari sesuatu yang kita inginkan. Kemudian google voice menjadikan suara kita sebagai input di mereka yang kemudian di proses. Kemudian di dalam layar handphone kita di tampilkan hasil dari proses tersebut sebagai output dari dari komputer dan kita membaca hasil terssebut dengan salah satu panca indra kita yaitu mata sebagai input kita atau manusia. Itulah sebagian kecil penjelasan tentang user interface.
Kemudian Tangible User Interface (TUI) adalah hubungan antarmuka di mana manusia berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik atau bisa di sebut dengan teknologi touchscreen. Pada gambar di atas user berinteraksi dengan teknologi melalui sentuhan tangan langsung sehingga membuat Sistem digital seperti dalam bentuk nyata. Karena dapat di lihat di gambar seolah-olah kita sedang menyiram atau menanam tumbuhan langsung. Kita harus menyiram nya agar tanaman tersebut tidak layu karena kekeringan terkena sinar matahari dengan adanya penjelasan gambar water atau air dan matahari dalam gambar tersebut.

Sumber Gambar
http://www.google.com/imgres?imgurl=http://wien4share.files.wordpress.com/2012/01/2012-01-28_224849.jpg&imgrefurl=http://taimispvabee.blog.com/2014/12/06/belajar-membuat-aplikasi-delphi-dengan-database-access/&h=481&w=759&tbnid=31MjGMpHlvuh9M:&zoom=1&docid=wg-yj0A-HDUtiM&ei=X_cpVfrJIYGRuASru4H4Dg&tbm=isch&ved=0CGAQMyg5MDk

Refrensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna
http://arrizalrahmat.blogspot.co.id/

Comments

Popular posts from this blog

Set Instruksi

COMPUTER ARITHMETIC

RESENSI NOVEL